Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tarekat Naqsyabandiyah al-Haqqani: Melangkah dalam Cinta dan Zikrullah

 



Tarekat Naqsyabandiyah al-Haqqani adalah salah satu tarekat tasawuf yang sangat populer dan berkembang di seluruh dunia. Didirikan oleh Syekh Nazim al-Haqqani, tarekat ini memiliki silsilah yang kaya dan bersejarah, serta ajaran yang berfokus pada cinta dan zikrullah.

Sejarah Tarekat Naqsyabandiyah al-Haqqani

Tarekat Naqsyabandiyah al-Haqqani lahir setelah kematian Syekh Abdullah al-Daghestani, guru Syekh Nazim al-Haqqani, pada 30 September 1973. Sejak saat itu, tarekat ini dikenal dengan nama Naqsyabandiyyah Haqqani.

Syekh Nazim al-Haqqani sendiri melakukan dakwah pertamanya di Siprus, mengajarkan Islam dan menyebarkan ajaran Tarekat Naqsyabandi Haqqani. Meskipun berada dalam kondisi yang sulit, dengan Turki dikuasai oleh penganut sekularisme pada waktu itu, Syekh Nazim al-Haqqani tidak menyerah dan terus berjuang menyebarkan dakwahnya.

Ajaran Tarekat Naqsyabandiyah al-Haqqani

Tema utama dari ajaran Tarekat Naqsyabandiyah al-Haqqani adalah cinta atau mahabbah, serta amalan yang paling urgensi adalah zikrullah (mengingat Allah). Ajaran ini juga menekankan beberapa konsep tertentu dalam deskripsi kaum sufi, yang secara tidak langsung menjadikan gambaran tersebut sebagai ajaran dan amalan.

Pengaruh dan Berkembangnya di Indonesia

Tarekat Naqsyabandiyah al-Haqqani juga telah berkembang di Indonesia. Tarekat ini masuk Jakarta pertama kali pada bulan April 1997, diperkenalkan oleh Syaikh Muhammad Hisham Kabbani. Tarekat ini memiliki cabang baru dari Naqsyanandi yang bersanad pada Baha’ al-Din Naqsyabandi (w. 1389). Ajaran Tarekat Naqsyabandiyah al-Haqqani di Indonesia berfokus pada cinta dan zikrullah, serta dilakukan di beberapa zawiyah yang tersebar di bawah naungan Yayasan Haqqani Indonesia.

Kepustakaan

  1. Rahmawati, 2009. "Memahami Pemikiran Tarekat Syekh Nazim al-Haqqani." Baca Nurawala.
  2. "Eksistensi Tarekat Naqsyabandi Haqqani di Jakarta." The International Journal of Pegon: Islam Nusantara Civilization, 20 Juni 2022.
  3. Gazali, M.Ag. 2015. "Tarekat Naqsyabandi Haqqani di Indonesia." UIN Bukittinggi.
  4. "Mengenal Syekh Nazim al-Haqqani, Pendiri Tarekat Naqsyabandi Haqqani." Kalimah Sawa, 2022.

Kesimpulan

Tarekat Naqsyabandiyah al-Haqqani adalah salah satu tarekat tasawuf yang sangat populer dan berkembang di seluruh dunia. Dengan ajaran yang berfokus pada cinta dan zikrullah, tarekat ini telah menyebar ke berbagai wilayah dan memiliki pengaruh yang signifikan dalam perkembangan tasawuf modern.